Memahami Perbedaan Antara Kreatif Dan Inovatif

Menjadi pribadi yang kreatif tentu saja bukan bakat, itu adalah kebiasaan. Sebagaimana kebiasaan lainnya, ia bisa dilatih. Ia bisa dibiasakan, agar terbiasa. Terbiasa apa? Tentu saja terbiasa kreatif. Saat kreativitas dibiasakan ia akan berkembang. Dan saat ia berkembang, kita akan terus menghasilkan inovasi.

Kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, tetapi banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan arti kreatif dan inovatif. Arti inovasi dan kreativitas bisa dikatakan cukup dekat dan tidak sedikit yang mendefinisikan dua kata tersebut merupakan sama saja, padahal kedua kata tersebut merupakan dua hal yang berbeda.

Bahkan banyak dari kita yang sering bilang bahwa “dia orang yang kreatif dan bahkan dia orang yang inovatif” namun sebenarnya masih sangat banyak juga yang masih bingung tentang kreatif dan inovatif itu sendiri, lebih banyak yang mengatakan kreatif namun tidak mengetahui arti dari kreatif intu sendiri. Nah, untuk mengetahui arti dari kata tersebut, mari kita simak penjelasan mengenai perbedaannya.

Perbedaan Antara Kreatif dan Inovatif

Kreativitas dan inovasi sama-sama berhubungan dengan suatu gagasan atau cara baru dalam memecahkan masalah dan peluang. Pengertian kreativitas dan inovasi itu bahkan kerap disamakan, bahkan orang awam mengira kretaif dan inovasi itu sama saja. Nah, untuk mengetahui perbedaan antara kretif dan inovasi. Kita simak ulasan dibawah ini.

Apa Itu Kreatif ?

Kreatif adalah mempunyai kemampuan untuk menciptakan atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Kreatif adalah kemampuan mengembangkan (menciptakan) ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan pengertian Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan hal baru, barik berupa gagasan, karya nyata, dalam bentuk aptitude atau non aptitude.

Kreatif atau kratifitas dapat memberikan dampak positif, salah satunya ialah mampu memberikan pandangan berbeda dari yang sudah ada sehingga atas kemampuannya tersebut ia diperlukan disetiap problema kehidupan.

Kombinasi dari hal yang telah ada atau relatif berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Kreativitas merupakan naluri yang ada sejak lahir namun, kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungannya.

Kreatif dan kreativitas merupakan kata yang menunjukkan cara seseorang berpikir dan menyelesaikan masalah. Kreatif dimulai dari berpikir untuk menemukan ide. Ide kreatif merupakan gagasan yang bisa saja sederhana, tetapi efektif untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, hasil dari pemikiran kreatif (pemikiran kreatif) (kadang-kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kesesuaian. Sebagai konsepsi, alternatif dari kreativitas merupakan tindakan membuat sesuatu yang baru.

Dan kreativitas adalah kemampuan orang untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang.

Pengertian Kreativitas Menurut para Ahli:

Seringnya kata kreatif digunakan dalam lingkungan kita. Tak ayal, definisi atau pengertian kreatif menjadi sebuah persoalan yang teramat tidaklah mudah termasuk para ahli dalam memberikan pengertian atau definisi kreatif. Tidak sedikit para ahli beradu argumen dan konsep tentang kreatif. Beberapa pengertian kreatif menurut para ahli:

1. Kreativitas Menurut Semiawan

Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan keaslian (originality) dalam pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru.

2. Menurut Widayatum

Menurut Widayatum, pengertian kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaan secara penuh untuk berkembang.

3. Kreatif Menurut Anderos (1961)

Salah satu sifat manusia yang didasarkan atas proses yang dilalui seseorang di tengah-tengah pengalamannya sehingga menyebabkan ia memperbaiki dan mengembangkan dirinya.

4. Maslow (dalam Schultz, 1991)

Menyatakan bahwa kreativitas disamakan dengan daya cipta dan daya khayal naif yang dimiliki anak-anak, suatu cara yang tidak berprasangka dan langsung melihat kepada hal-hal atau bersikap asertif. Kreativitas merupakan suatu sifat yang akan diharapkan seseorang dari pengaktualisasian diri.

5. Menurut Mirreshtine (1955)

Kreativitas yaitu suatu proses yang mengandung pengetahuan yang detail mengenai suatu bidang dan cakupannya (pengetahuan dasar, data teoretis, dan lain lain) serta melakukan eksperimen atas data tersebut, kemudian menyampaikan hasilnya kepada orang lain.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1990: 456) Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta, kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta, sebab kreativitas suatu proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinil.

Kreativitas merupakan kegiatan otak yang teratur komprehensif, imajinatif menuju suatu hasil yang orisinil.

7. Chaplin

Menurut Chaplin mengutarakan bahwa pengertian kreatif adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru dalam seni, atau, dalam permesinan, atau dalam pemecahan masalah-masalah dengan metode-metode baru.

8. Menurut Santrock

Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik.

9. Sternberg

Menurut Sternberg bahwa definisi kreatif adalah seorang yang dapat berpikir secara sintesis artinya dapat melihat hubungan-hubungan di mana orang lain tidak mampu melihatnya yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya.

Mampu menterjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis, sehingga individu mampu meyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan dikerjakannya.

Ciri-Ciri Kreatif

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat memosisikan seseorang tersebut, termasuk ke dalam golongan manusia kreatif. Ciri-ciri tersebut adalah:

  • Kepandaian, meski tidak harus jenius dan memiliki kemampuan baik atau maksimal dalam menjalankan ide-idenya.
  • Mempunyai pandangan positif terhadap diri sendiri, peka terhadap orang lain dan juga lingkungan di sekitarnya.
  • Mempunyai inspirasi dan juga motivasi dari masalah-masalah yang nyata yang dilihatnya.
  • Menghargai kebebasan dan juga perbedaan pendapat.
  • Manusia kreatif menyukai tantangan
  • Cenderung untuk kaya akan fantasi (khayalan) dalam hidupnya.
  • Bersikap untuk fleksibel.
  • Suka memandang suatu masalah dari sisi yang berbeda.

Contoh Manusia Kreatif:

Misalnya saja adalah kemampuan seseorang untuk berwirausaha, berwirausaha dari barang-barang bekas atau limbah yang sudah tidak memiliki nilai guna. Bahkan tak hanya itu saja, contoh kreatif lainnya yakni: Membuka sebuah usaha yang lain daripada yang lain, usaha pembuatan tas dari bahan Koran bekas, jam tangan dari bahan bambu dan lain sebagainya.

Beberapa orang secara alami lebih kreatif daripada yang lain, namun pemikiran kreatif bisa diperkuat dengan latihan. Anda dapat berlatih berpikir kreatif dengan memecahkan teka-teki, dengan menyadari dan melepaskan asumsi Anda dan melalui permainan apa pun yang tidak terstruktur dan santai. Bahkan melamun pun bisa membuat anda berpikir kreatif.

Apa Itu Inovasi ?

Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang merupakan lama bagi orang lain dalam konteks lain).

Inovasi merupakan suatu proses pembaharuan dari berbagai sumber daya, sehingga sumber daya tersebut bisa memiliki manfaat yang lebih bagi manusia. Saat ini inovasi dipengaruhi oleh penggunaan teknologi, karena dengan menggunakan teknologi dapat mempermudah melakukan produksi berbagai produk yang baru.

Inovasi sangat berkaitan dengan pembaharuan kebudayaan khususnya pada bidang penggunaan teknologi dan pada perekonomian. Orang yang melakukan suatu inovasi disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain.

Proses inovasi juga berkaitan erat dengan penemuan-penemuan baru baik itu dalam teknologi yang berupa discovery dan juga invention. Discovery dapat diartikan sebagai penemuan unsur yang baru, misalnya berupa alat-alat maupun ide yang ditemukan oleh individu atau oleh suatu kelompok.Sedangkan invention dapat diartikan sebagai discovery yang telah diakui oleh masyarakat, lalu diterapkannya penemuan tersebut.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli :

Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. Nah, dibawah ini beberapa definisi inovatif menurut beberapa ahli.

1. Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul. Melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

2. Inovasi menurut UU No. 18 tahun 2002

Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

3. Van de Ven, Andrew H

Menurut Van de Ven menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain dalam sebuah tatanan organisasi.

4. West & Far

Inovasi adalah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses, produk dan prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya,yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi individu, kelompok, organisasi dan masyarakat luas.

5. Everett M. Rogers

Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Sebuah ide, gagasan, atau pun teori hanya bisa digolongkan ke dalam sebuah inovasi jika memiliki ciri-ciri. Dan dibawah ini terdapat beberapa ciri yang dapat anda ketahui.

Inovasi Mempunyai 4 ciri, yaitu :

  • Mempunyai sebuah kekhasan/khusus artinya suatu inovasi mempunyai ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan pada hasil yang diharapkan.
  • Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus mempunyai suatu karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang mempunyai kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  • Pada program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa sebuah inovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak terburu-buru, namun keg-inovasi dipersiapkan dengan secara matang dengan program yang jelas dan terencana terlebih dahulu.
  • Inovasi yang digulirkan mempunyai tujuan, program inovasi yang dilakukan harus mempunyai arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai suatu tujuan tersebut.

Contoh Inovasi:

Contoh inovasi misalnya pada penemuan pesawat terbang, semakin berkembangnya jaman dan ilmu pengetahuan maka pesawat terbang-pun semakin dikembangkan lagi dan lagi sehingga semakin canggih dan bisa didapatkan manfaat yang lebih.

Lalu pada perkembangan telepon, semakin berkembangnya jaman maka telepon semakin canggih sehingga ditemukan-lah telepon genggam atau handphone yang dapat di bawa kemana-mana yang memiliki multi fungsi, sehingga dapat mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi.

Dalam perusahaan, Manajemen Inovasi diperlukan karena ide-ide segar akan terus lahir di sebuah perusahaan dan menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan disusun secara sistematis agar tidak terjadi kesemrawutan. Inovasi yang harus dijalankan secara sistematis, efisien dan berkelanjutan ini memerlukan suatu sistem untuk mengatur ide-ide ini agar lebih terstruktur. Dari 100 ide yang brilian, hanya satu yang menjadi inovatif.

Kesimpulannya:

Persamaan inovasi dan kreatif adalah mengenai menciptakan ide-ide baru, gagasan baru, metode baru, cara baru dalam memecahkan masalah dan peluang yang berbeda dari sebelumnya. Bahkan bisa dikatakan hampir sama, sebenarnya Kreativitas dan Inovatif itu saling berhubungan. Dikarenakan asal mula dari kedua hal tersebut berasal dari diri kita sendiri dan saling melengkapi. Tidak akan ada sebuah inovatif tanpa adanya kreativitas, sedangkan kreativitas tidak akan lanjut tanpa adanya inovatif.

Pentingnya Inovasi dan Kreativitas dalam Berwirausaha

Orang yang sudah terjun dalam dunia bisnis harus mempunyai jiwa dan semangat kewirausahaan untuk mendukung keberhasilan dalam bisnisnya. Oleh karena itu sangat diperlukan orang-orang yang bersifat kreatif dan inovatif. Inovasi adalah suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide-ide yang dapat dijual dan merupakan hal atau terobosan baru.

Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausahawan merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual. Nah, Ketika pertama kali memulai untuk berwirausaha tentu akan ada banyak kebingungan bagi anda. Setelah menentukan akan berusaha di jenis apa dan bagaimana cara untuk memasarkannya. Hingga banyak lagi pertanyaan yang muncul ketika mulai menjalani kegiatan berwirausaha.

Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan. Jiwa dan watak kewirausahaan tersebut dipengaruhi oleh keterampilan, kemampuan, atau kompetensi. Kompetensi itu sendiri ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman usaha.

Ada sebuah hal kecil yang membuat usaha anda menjadi berbeda dibandingkan dengan usaha milik orang lain, perbedaan ini bila anda bisa mengolahnya dengan baik maka akan menjadikan usaha anda menjadi sukses. Perbedaan itu adalah inovasi dan kreasi anda sebagai seorang wirausahawan.

Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis. Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk. Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi.

Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil.

Saat ini berbagai hasil inovasi yang didasarkan kreativitas wirausaha menjadi produk dan jasa yang unggul. Wirausaha melalui proses kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai keunggulan termasuk keunggulan bersaing.

Perusahaan seperti Microsoft, Sony dan Toyota Motor, merupakan contoh perusahaan yang sukses dalam produknya karena memiliki kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.

Oleh karena itu perlu adanya pengembangan dan pengendalian kreatifitas dan inovasi yang ada dalam diri kita sendiri. Maka dari itu jika ingin memulai hal yang baru, jangan pernah takut untuk mencoba. Untuk memulai sebuah bisnis dan usaha, ada baiknya kita memiliki rasa yang ingin tahu.

Karena dengan rasa ingin tahu yang kita miliki maka rasa untuk mencoba hal yang baru akan muncul dipikiran kita. Hal-hal yang baru membuat kita akan lebih bisa meningkatkan kreatifitas. Nah, untuk itu sekianlah penjelasan mengenai inovasi dan kreatif.